10 Jenis Bahan Stiker yang Harus Kamu Ketahui

Siapa sih yang tidak tahu dengan yang namanya stiker? Iya, benda kecil yang bisa merekat pada suatu permukaan dengan berbagai gambar ini sangat populer dikalangan masyarakat. Stiker merupakan kertas yang memiliki daya rekat dengan berbagai macam bentuk, tulisan-tulisan atau kata-kata dan juga gambar yang mana di dalamnya terdapat informasi yang ditujukan bagi para pembacanya. Kegunaan stiker pun beragam, seperti sebagai aksesoris kendaraan, penanda, barcode dan lain sebagainya.

Stiker menjadi salah satu media yang paling diminati oleh para pelaku usaha maupun NGO (Non Governmental Organization). Bagi para pelaku usaha, stiker menjadi sebuah media promosi offline yang cukup efektif karena harganya yang murah dan bahannya yang mudah didapat.

Selain itu, mereka pun menggunakan stiker sebagai tanda bahwa barang atau produk tersebut asli buatan mereka dan bukan bajakan. Sehingga si pembeli barang nantinya bisa membedakan barang mana yang asli dan yang palsu.

Sementara untuk organisasi non pemerintah, biasanya stiker digunakan sebagai media promosi untuk mengenalkan diri mereka kepada masyarakat. Ukuran stiker pun beragam, karena hal tersebut tergantung pada kebutuhan pengguna stiker. Selain kegunaan stiker yang kami jelaskan di atas, terdapat pula jenis-jenis stiker yang dibedakan berdasarkan bahannya:

1. Stiker Vinyl

Stiker Vinyl adalah sebuah kertas stiker yang terbuat dari bahan plastik lentur. Stiker ini mempunyai daya tahan yang sangat baik terhadap air maupun cuaca panas. Selain itu, permukaannya yang glossy sangat cocok jika diaplikasikan untuk stiker outdoor. Dengan keunggulannya itu, tidak heran bila stiker jenis ini tidak bisa di-print dengan printer Inkjet biasa. Akan tetapi bisa di-print dengan menggunakan Laserjet Printer.

2. Stiker Transparan

Stiker transparan atau stiker tembus pandang sering diaplikasikan untuk souvenir event, label kemasan produk dan lain sebagainya. Selain itu, stiker transparan juga bisa diaplikasikan pada kaca jendela. Bahannya yang transparan membuat stiker ini tidak meninggalkan bekas saat dilepas.

3. Stiker HVS

Sesuai dengan namanya, stiker HVS merupakan jenis kertas stiker yang mempunyai ukuran sebesar kertas HVS yang diprint menggunakan printer tinta biasa. Untuk jenis kertas stiker ini memiliki daya tahan perekat yang terbatas karena lemnya yang mudah mengelupas. Stiker jenis ini biasanya hanya digunakan untuk mencetak stiker souvenir saja.

4. Stiker Timbul

Stiker timbul sebenarnya sama seperti stiker lain, hanya saja bentuk fisik stikernya akan terasa timbul saat disentuh. Hal ini dikarenakan setelah stiker diprint, stiker akan disiram menggunakan cairan kimia (resin) seperti karet bening  yang akan mengering sehingga membuat gambar atau tulisan pada stiker terlihat timbul.

5. Stiker Cutting

Sebenarnya, dalam menghasilkan sebuah stiker ada tiga proses pembuatan yakni proses print, print and cut dan cutting. Stiker cutting menjadi salah satu stiker yang paling populer saat ini. Bahan dari stiker cutting hampir sama dengan stiker vinyl. Ketahanan stiker yang lebih lama dan hasil warna yang tidak mudah pudar menjadi kelebihan dari stiker ini.

6. Stiker Scotchlite

Jika kamu mencari jenis stiker yang memiliki daya rekat tinggi, nah stiker scotchlite bisa menjadi pilihannya. Stiker scotchlite merupakan jenis stiker yang tidak mudah mengelupas sehingga butuh kehati-hatian sebelum menempelkannya. Karena sifatnya yang reflektif, tidak heran jika stiker scotchlite akan memantulkan cahaya ketika terkena sinar lampu.

7. Stiker Oneway

Tampilan stiker yang berlubang-lubang dengan diameter lubang sekitar 1 mm merupakan ciri khas dari stiker one way. Lubang-lubang ini hanya tembus pandang dari satu titik, yang biasanya dipasang di kaca baik itu untuk penggunaan interior maupun eksterior.

8. Stiker Cromo

Stiker cromo adalah kertas stiker licin yang sifatnya mudah sobek namun memiliki permukaan stiker yang sedikit agak glossy. Biasanya stiker ini dipilih karena lebih menghemat biaya. Akan tetapi stiker ini pun memiliki kekurangan apabila terkena air hujan maka stiker akan cepat luntur sehingga stiker jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan indoor.

9. Stiker Hologram

Stiker hologram atau sering disebut stiker tiga dimensi atau lima dimensi merupakan sebuah stiker yang menggunakan sinar laser dalam pembuatannya. Dengan bantuan sinar laser, gambar pada stiker akan terlihat masuk atau keluar seolah berputar atau bergerak, serta memantulkan warna-warni seperti pelangi.

10. Stiker Sandblast

Stiker yang satu ini biasanya digunakan untuk melapisi kaca yang dapat memberikan efek buram jika dilihat dari dalam maupun luar ruangan. Fungsi terpenting dari stiker sandblast adalah untuk membatasi pandangan seseorang agar privasi antar ruangan tetap terjaga.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang stiker. Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam memilih stiker. Untuk membuat desain stiker, Dapunta.inc juga menyediakan jasa pembuatan stiker dengan berbagai desain sesuai kebutuhanmu. Info lebih lanjut, kamu bisa langsung menghubungi kami via WhatsApp ataupun Chat Langsung dari website ini. Salam Kreatif.

Dapunta Inc
“Solusi cetak dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.”

Silahkan Share :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *