10 Jenis Media Promosi yang Perlu Kamu Tahu

Iklan merupakan salah satu media promosi, ada 10 jenis media promosi yang perlu kamu tahu diantara sekian banyak media promosi yang ada. Pernah gak kamu memperhatikan banyaknya papan iklan yang terpampang di jalan raya? Iya benar, papan iklan atau yang biasa kita sebut dengan reklame ini umumnya menggunakan tulisan dan gambar untuk menarik para pembacanya. Sehingga dapat dikatakan reklame menjadi sebuah alat bantu yang mudah untuk menyampaikan pesan tertentu kepada orang lain yang melihatnya.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

Apa sih Reklame?

Reklame adalah sebuah objek, alat atau media yang menurut susunan, bentuk dan ragamnya dibuat untuk tujuan komersial. Nah adanya reklame ini tentunya bertujuan dipergunakan untuk memperkenalkan, mempromosikan, menganjurkan atau memuji suatu barang, jasa atau orang ataupun untuk menarik perhatian publik terhadap suatu barang, jasa atau orang yang ditempatkan atau yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar dari suatu tempat oleh publik, kecuali yang dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

Perlu kamu ketahui, ada banyak jenis reklame yang masing-masing memiliki tujuan yang sama yakni untuk berkomunikasi atau menginformasikan pesan tertentu kepada orang lain melalui media visual. Di bawah ini kami uraikan Iklan merupakan salah satu media promosi, ada 10 jenis media promosi yang perlu kamu tahu jenis-jenis dari reklame beserta gambarnya, sebagai berikut:

  1. Brosur

Tidak hanya dengan papan, karena reklame pun bisa diaplikasikan pada selembar kertas yang biasa kita kenal dengan nama brosur. Brosur ini biasanya diisi dengan konten atau informasi yang lebih terperinci dan jelas. Untuk menyampaikan kepada masyarakat umum atau calon pembaca atau konsumen, kamu harus menyebarluaskan brosur secara langsung agar mereka dapat dengan mudah membaca dan memahami isi dari brosur tersebut, dari segi bentuk brosur memiliki macam-macam bentuk seperti :

  • Flyer yang biasanya berukuran 20 cm x 11 cm
  • Leaflet, yaitu brosur yang biasanya berukuran Folio namun dapat dilipat tiga
  • Brosur yang berukuran setengah dari kertas folio yaitu 20 cm x 15 cm
10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

2. Baliho

Nah, untuk jenis reklame yang satu ini informasinya dibuat semenarik mungkin dengan gambar dan tulisannya yang berukuran lebih besar. Baliho biasanya ditempatkan di tempat-tempat umum dan tempat yang strategis. Ukurannya yang besar membuat baliho diharuskan menggunakan tiang besar dan kuat. Baliho juga bersifat semi permanen sehingga bisa dipasang atau dilepas sewaktu-waktu. Informasi yang disampaikan pun harus singkat namun memiliki makna yang jelas, karena biasanya baliho ditempatkan di tepi jalan dengan lalu lintas yang padat. Sehingga orang yang melihat dengan sekilas langsung dapat mengerti pesan yang disampaikan yang terdapat di dalam baliho tersebut.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

3. Billboard

Billboard merupakan jenis reklame yang berisi gambar dengan tulisan yang menarik dengan disertai makna informatif yang memiliki skala ukuran yang besar. Jenis penempatan billboard ini biasanya diletakkan di atap dinding sebuah toko atau instansi tertentu. Berbeda dengan baliho, billboard bersifat permanen.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

4. Videotron

Kamu pernah lihat kan layar besar yang segede gaban di pinggir jalan, biasanya terdapat di perempatan jalan, nah itu namanya videotron, baru tahu kan namnya adalah videotron, apa sih videotron itu? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia videotron merupakan media yang menayangkan video dengan pencahayaan semikonduktor yang mengubah listrik menjadi cahaya, berukuran besar, biasanya untuk menayangkan iklan atau presentasi. Nah jadi videotron ini merupakan layar besar untuk menayangkan iklan juga, ada juga orang yang mengartikan videotron ini sebagai baliho dalam bentuk digital. Kalo di luar negeri orang biasanya mengenal dengan istilah LED Display. Tentunya tujuan yang digunakan tetap sama yaitu sebagai media advertising, media komunikasi/informasi dan bisa juga sebagai media entertainment.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

5. Neonbox

Neonbox sendiri sebenarnya sejenis billboard namun diisi lampu neon pada bagian kosong di bagian tengahnya untuk memberikan penerangan, agar terlihat lebih menarik pada waktu malam hari. Neonbox ini juga merupakan papan reklame yang berbentuk kotak dengan lampu yang berfungsi sebagai penerangan pada bagian dalamnya. Kelebihan neonbox ini membuat merk atau brand usaha kita menjadi lebih menarik khususnya di malam hari, karena biasanya penggunaan neonbox ini lebih kepada merk atau brand suatu usaha atau perusahaan.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

6. Banner

Banner merupakan jenis reklame yang biasanya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Spanduk ini dicetak dengan pencetakan digital yang menggunakan MMT. Banner diberi penyangga besi atau kaki besi yang kadang berbentuk X ataupun Y yang dipasangkan di depan toko atau tempat yang mudah dilihat oleh banyak orang.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

7. Spanduk

Lain lagi dengan spanduk. Spanduk adalah salah satu jenis reklame yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas yang biasanya berisi informasi tentang iklan komersial atau non-komersial. Spanduk umumnya menggunakan kain yang pemasangannya direntangkan diantara kedua sisi spanduk.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

8. Poster

Poster yang kita sering lihat juga termasuk salah satu jenis reklame. Poster dibuat semenarik mungkin dengan gambar dan tulisan, yang biasanya ditempelkan di tempat-tempat umum dan strategis.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

9. Embalase

Pernah mendengar reklame jenis embalase? Hhhhmmmm… belum yaa?? Sebenarnya embalase adalah salah satu jenis reklame yang sering kita jumpai lohh. Kalo dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Emblase didefinisikan sebagai pengemasan atau pengepakan barang, tapi disini embalase memiliki arti yang sedikit berbeda, yaitu merupakan reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk.

10-jenis-media-promosi-yang-perlu-kamu-tahu

10. Kalender

Siapa yang menyangka bahwa kalender pun termasuk ke dalam salah satu jenis dari reklame. Kalender yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai daftar hari dan bulan dalam setahun, penanggalan, almanak dan takwim merupakan penamaan periode waktu dalam suatu sistem yang divisualisasikan dalam media cetak atau elektronik. Jenis reklame kalender yang sering kita lihat adalah kalender yang diberikan tambahan info, gambar maupun tulisan di atas atau di samping kalender tersebut.

Masih banyak jenis media periklanan lain yang juga efektif untuk mempromosikan usaha kamu, namun setidaknya dari 10 jenis media yang sudah dijabarkan di atas bisa menambah pengetahuan kamu mengenai media promosi untuk usaha kamu, atau setidaknya salah satunya bisa kamu terapkan. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk kamu. Jika kamu bingung mau pesan salah satu reklame yang kamu butuhkan di mana? Kami Dapunta Inc akan membantu kamu dalam mewujudkan reklame sesuai keinginan dan kebutuhan kamu. Nah untuk kamu yang mau info lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi kami via WhatsApp ataupun Chat Langsung dari website ini. Salam Kreatif.

Silahkan Share :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *