Penting: 3 Jenis Kertas Undangan Anti Menyesal

Setiap akan menyelenggarakan sebuah acara yang besar pastinya surat undangan menjadi suatu alat penyampaian atau pemberitahuan ke khalayak tentang acara yang akan kita selenggarakan. Surat undangan ini sangat mempermudah tuan rumah dalam menyebarluaskan acara besarnya, sekaligus menjadi perantara secara resmi untuk mengundang banyak orang. Maka dari itu, undangan seharusnya dibuat semenarik dan sebagus mungkin agar dapat mewakili tuan rumah yang mengundangnya.

Undangan blangko ialah undangan yang diproses dari sebuah blangko undangan. Hhmmm, bingung yaa? Jadi gini, blangko undangan itu sendiri merupakan blangko atau template yang dibuat khusus untuk undangan. Dengan berbagai desain yang sudah ada (desainnya tidak bisa diubah), kamu hanya perlu menyiapkan kata-kata yang akan ditulis, barulah kemudian dicetak di atas blangko undangan tadi.

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, surat undangan pun tidak lagi hanya sebuah blangko undangan biasa saja. Karena kini, terdapat pula undangan custom yang bisa didesain sesuai dengan keinginan kamu. Baik undangan custom maupun undangan blangko semuanya memiliki dua pilihan cover yakni soft cover dan hard cover. Berikut ini sedikit penjelasan tentang keduanya:

Soft Cover

Untuk kamu yang berencana membuat undangan dengan desain yang simpel, mungkin blangko soft cover bisa menjadi pilihan kamu. Biasanya blangko undangan soft cover ini, akan semakin terlihat lebih manis, simpel dan elegan jika ditambahkan hiasan ornamen yang dilengkapi dengan foil atau embose.

Hard Cover

Sesuai dengan namanya hard yang berarti keras. Jenis undangan hard cover ini dilapisi dengan board atau karton yang tebal dan keras. Jenis undangan ini menghadirkan kesan undangan yang mengagumkan, elegan dan mewah.

Nah,,, itu tadi dari segi covernya kemudian di sini kami pun akan menjelaskan 3 jenis kertas undangan yang paling banyak orang gunakan. Antara lain sebagai berikut:

1. Art Paper

Kertas art paper memiliki ciri permukaannya yang licin dan semi doff (matte). Umumnya, art paper digunakan sebagai pelapis luar atau dalam hard cover undangan atau bisa juga untuk isinya. Untuk menambah nilai jual art paper pun bisa dilapisi dengan laminasi glossy, doff maupun UV.

2. Jasmine

Adanya gliter-gliter silver atau gold pada kedua sisinya membuat jasmine memiliki tekstur kertas yang kasar. Namun hal demikian malah menambah minat orang untuk membuat undangan dengan kertas ini. Hal ini karena jasmine memberikan kesan indah, mewah dan menawan.

Terdapat banyak pilihan warna kertas ini diantaranya warna abu-abu, cream, biru muda, putih, ungu, kuning, gold, pink dan masih banyak lagi. Adapun kertas yang memiliki tampilan mirip dengan kertas jasmine ialah kertas orchid dan kertas jasmine natural. Namun jika dilihat dengan teliti ketiga kertas ini masing-masing memiliki perbedaan.

3. Art Carton

Jenis art carton sama dengan art paper hanya saja berbeda dari segi gramaturnya. Art carton cenderung lebih tebal dari pada art paper. Dalam pembuatan undangan pernikahan, kertas ini sangat populer karena bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya sehingga hasil akhir undangan menjadi lebih menarik.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk kamu. Ini penting loh agar kamu tahu kertas apa yang cocok untuk mendukung desain undangan kamu. Kami Dapunta.inc bisa membantu kamu dalam wujudkan impian desain undangan sesuai keinginan kamu. Info lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi kami via WhatsApp ataupun Chat Langsung dari website ini. Salam Kreatif.

“Dapunta Inc”
Solusi cetak dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.

Silahkan Share :)

4 thoughts on “Penting: 3 Jenis Kertas Undangan Anti Menyesal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *