Yuk Ketahui Asal Muasal Nama Dapunta.Inc

Pernahkah kalian mendengar nama Dapunta? Hhhmm,,, Mungkin sekilas pernah apalagi bagi masyarakat Kota Palembang. Jika disearching di mbah Google banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang siapa itu Dapunta. Salah satunya prasasti kedukan bukit yang menjadi salah satu bukti adanya goresan nama tokoh Dapunta. Baiklah mari kita mengenal lebih dalam dengan sosok Dapunta.

Selama ini yang ada dibenak masyarakat sosok raja Sriwijaya ialah Balaputra Dewa. Hal ini tidak mengherankan karena keberhasilan beliau dalam membawa Kerajaan Sriwijaya ke puncak keemasannya. Akan tetapi sebenarnya Dapunta Hyang juga termasuk salah satu tokoh yang cukup terkenal dalam sejarah di Kerajaan Sriwijaya. Beliau dianggap sebagai pendiri Kedatuan Sriwijaya, sebuah kerajaan pertama yang didirikan pada abad ke-7 yang mendominasi di Kepulauan Melayu.

Dalam sejarahnya, Dapunta Hyang berkuasa sekitar antara kurun waktu 671 Masehi hingga 702 Masehi atau perempat terakhir abad VII hingga awal abad VIII. Nama Dapunta Hyang mulai menjadi kontroversi sejak ditemukannya Prasasti Kedukan Bukit dan Prasasti Talang Tuo. Prasasti-prasasti yang menyebutkan nama Dapunta Hyang disebut sebagai “Prasasti-Prasasti Siddhayatra”, yakni karena prasasti tersebut menceritakan perjalanan sucinya yang mengalap berkah dan menaklukkan wilayah-wilayah di sekitarnya.

Biografi

Dikutip dari sumber terpercaya Wikipedia.org, Dapunta Hyang diyakini sebagai suatu gelar penguasa yang digunakan Maharaja Sriwijaya periode awal. Dengan kata lain, Dapunta Hyang adalah raja pertama sekaligus pendiri dari kerajaan Sriwijaya. Memiliki nama lengkap Dapunta Hyang Sri Jayanasa, beliau sering menjadi rebutan bahkan ada yang mengklaim beliau berasal dari Funan (Semenanjung), negeri Champa (Semenanjung), kemudian ada juga yang mengklaim beliau dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa.

Perlu kalian ketahui bahwa dalam kebudayaan asli Nusantara, istilah Hyang sendiri merujuk kepada keberadaan spiritual (tidak kasat mata) yang dikaitkan dengan roh leluhur (dewata). Sehingga diduga Dapunta Hyang melakukan perjalanan Siddhayatra untuk memperoleh kekuatan spiritual (kesaktian).

Tidak mengherankan jika kekuatan spiritual inilah yang menjadikan persumpahan Dapunta Hyang dianggap tertuah, disegani dan ditakuti para datu (penguasa daerah) bawahannya. Bahkan mereka semua harus diikat kesetiaanya kepada Sriwijaya dalam suatu prasasti dan upacara persumpahan yang disertai kutukan bagi siapa saja yang mengkhianati Sriwijaya.

Perjalanan Suci Dapunta Hyang

Dapunta Hyang melakukan perjalanan suci atau Siddhayatra-nya dengan naik kapal bersama 20.000 bala tentara dari Minanga Tamwan menuju ke Matajap dan berhasil menaklukan beberapa daerah. Selain penemuan dua Prasasti yang ada di Palembang, terdapat pula beberapa Prasasti lain yang menceritakan peristiwa yang sama, seperti misalnya prasasti yang ditemukan di Kota Kapur, Pulau Bangka (tahun 686 Masehi), Karang Brahi di Jambi Hulu (tahun 686 Masehi) dan Palas Pasemah di Selatan Lampung.

Menurut beberapa ahli sejarawan, disimpulkan bahwa Dapunta Hyang baru mendirikan Kerajaan Sriwijaya setelah berhasil mengalahkan musuh-musuhnya di Palembang, Pulau Bangka, Jambi dan Selatan Lampung. Bahkan beliau pun melancarkan serangan ke Bhumi Jawa yang menyebabkan keruntuhan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat.

Tentang Kami

Terlepas dari sejarah Dapunta Hyang, disinilah kami mengambil nama Dapunta dan Inc-nya kami ambil dari kepanjangan Incorporation yang berarti sebuah bentuk perusahaan terbuka untuk publik yang mana sahamnya bisa dimiliki oleh setiap orang.

Hingga akhirnya terciptalah nama Dapunta.Inc sebagai suatu awal dari harapan besar perusahaan kami. Yakni sebuah harapan untuk menjadi perusahaan yang memiliki kekuasaan besar dalam dunia percetakan, harapan besar untuk menjadikan kalian sebagai customer setia dan menjadi perusahaan hebat sehingga disegani dan ditakuti oleh para kompetitor. Dari nama Dapunta.inc kami pun menetapkan logo D berwarna hitam sebagai logo identitas perusahaan kami. Logo ini memiliki arti dari INTEGRITAS dan KEKUATAN. Yang mana integritas merupakan ciri khas pribadi orang yang jujur dan juga memiliki karakter yang kuat. Salam Kreatif.

Bismillahirahmanirohim 😊

“Dapunta Inc”

Solusi cetak dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif.

Silahkan Share :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *